Press "Enter" to skip to content

Perusahaan startup terbesar di Indonesia

0

Perusahaan Startup Terbesar di Indonesia

Perusahaan Startup merupakan perusahan-perusahaan yang masa beroperasinya belum lama. Perusahan startup sebagian besar dapat berupa perusahaan yang baru saja beroperasi atau sedang dalam fase pengembangan. Di Indonesia sendiri, perkembangan perusahaan startup cukup pesat dimana setiap tahunnya terdapat pemilik startup baru yang bermunculan. Penggunaan internet di Indonesia yang meningkat setiap tahunnya menjadi salah satu pengaruh penting banyaknya perusahaan startup saat ini. Dari sekian banyaknya perusahaan startup, inilah perusahaan yang terbesar.

startup terbesar

Tokopedia

Siapa yang tidak tahu Tokopedia? Startup berbasis jual beli ini berhasil menjadi salah satu perusahaan startup terbesar di Indonesia. Tokopedia pertama kali didirikan oleh Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya pada tahun 2009. Selain menyediakan fitur jual beli secara online, startup ini juga melayani penjualan pulsa serta paket data, penjualan tiket kereta api dan juga pembayaran BPJS.

Lazada Indonesia

Lazada Indonesia telah diakusisi oleh e-commerce yang merupakan salah satu terbesar di dunia yaitu Alibaba yang didirikan oleh Jack Ma. Tidaklah heran jika saat ini Lazada berhasil menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Mendapatkan pendanaan yang sangat besar, Lazada terus menerus melakukan inovasi dan mendapatkan keuntungan yang besar pada Hari Belanja Online Nasional setiap akhir tahunnya.

Bukalapak

Perusahaan startup ini didirikan oleh Achmad Zaky di tahun 2010 dan memiliki kantor di daerah kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Sebagai salah satu yang terbesar, Bukalapak saat ini mempunyai lebih dari 1 juta pelapak yang aktif di Bukalapak. Pelapak adalah pemiliki toko online yang berjualan di Bukalapak. Bukalapak sendiri merupakan startup marketplace seperti Tokopedia.

Blibli

Blibli merupakan startup dengan basis B2C (Business to Customer), yaitu setiap penjual yang melakukan penjualan produk telah terverifikasi sehingga terpercaya. Selain itu, Blibli juga tidak menggunakan sistem rekening bersama karena pembeli akan langsung membayar kepada penjual yang menjual produknya.

OLX

OLX dulu dikenal sebagai Tokobagus.com, sekarang ini masuk ke dalam jajaran perusahaan startup yang terkenal di Indonesia. Berbeda dengan startup sebelumnya, OLX merupakan wadah masyarakat untuk melakukan jual beli barang yang sudah bekas secara online. OLX fokus terhadap iklan baris dan memberikan referensi pada siapapun yang hendak melakukan proses jual beli. Tetapi, sama seperti Blibli dimana penjual dan pembeli yang bertanggung jawab secara penuh dalam proses transaksinya.

GoJek

Gojek, pastinya sangat dikenali oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Bekerja dalam basis transportasi online membuat Gojek berhasil mencapai kesuksesan. Nadiem Makarim mendirikan perusahaan startup ini di Jakarta pada tahun 2010. Yang menarik adalah, Go-Jek berhasil mengubah kebiasaan masyarakat untuk memilih transportasi berbasis aplikasi online. Tidak hanya transportasi online, GoJek kini sudah melakukan ekspansi pada beberapa layanan seperti Go-Food, Go-Massage, Go-Glam, dan lain sebagainya.

Perusahaan Startup terbesar di Indonesia didominasi oleh startup berbasis marketplace dan juga transportasi online. Oleh karena itu, sekarang ini dengan adanya perusahaan startup semakin membuka kesempatan para pengangguran untuk dapat bekerja karena prospek yang menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *