Press "Enter" to skip to content

Cara membuat dan Menikmati Rujak Pecel

0

Sedangkan ketika menyebut pecel akan terngiang kuliner yang berupa campuran sayuran, seperti sayur kangkung, kubis, kacang panjang, kembang turi, dan lain-lain yang kemudian disiram dengan saus sambal kacang, yang cita rasanya bisa manis atau pedas, tergantung pilihan Anda.

Jadi, ketika disebutkan rujak pecel, akan terbayang satu porsi buah-buahan segar dan satu porsi sayur segar. Dengan demikian, ketika menyantap keduanya bersamaan, kita akan mendapatkan sensasi segar sekaliguas kenyang. Kesegaran yang didapat dari menyantap buah-buahan juga bisa melengkapi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Akan tetapi, ketika menyadari bahwa rujak pecel adalah nama satu jenis kuliner, tentunya agak sedikit tercengan, apalagi jika kuliner tersebut sebetunya disebut pecel dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

Penyebutan rujak pecel untuk kuliner naboxparah catering dan prasmanan yang biasanya disebut pecel ini terjadi di daerah Banyumas. Jadi kalau Anda sedang jalan-jalan ke daerah tersebut dan ingin menjajal street kulinernya, jangan heran kalau ketika Anda pesan pecel, mereka bisa kebingungan dan memastikan pesanan Anda yang benar adalah rujak pecel. Sementara untuk Anda, sebagai pelancong sebaiknya pahami kearifan daerah dalam memberi nama, sehingga tidak terjadi perdebatan yang tidak menguntungkan.

Rujak Pecel

Menikmati rujak pecel bisa dilakukan saat sarapan, makan siang, atau pun makan malam. rujak pecel cocok disantap dalam setiap waktu makan, tidak memerlukan waktu khusus. Satu hal yang pasti adalah makan rujak pecel semakin nikmati bila ditambah dengan kuliner pelengkap seperti ikan asin, gorengan, dan nasi liwet pulen.

Bumbu rujak seperti cabai rawit, cabai merah, garam, dan terasi yang dihaluskan bersama dengan kacang tanah membuat cita rasa sayur semakin mantap. Paling enak membuat rujak pecel adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang masih segar, jadi pastikan bumbu dan sayuran yang Anda pilih masih segar, agar cita rasanya benar-benar mantab.

Bingung cara membuat bumbu dan menyajikannya? Berikut langkah-langkahnya.

Haluskan bahan-bahan berupa cabai rawit, cabai merah, garam, terasi, gula dan kacang. Jumlah cabai dan kacangnya sesuaikan dengan kebutuhan. ketika menghaluskan bahan-bahan tersebut jangan lupa untuk menambahkan sedikit air asam jawa dan air putih sedikit agar bumbu tidak lengket di cobek. Ulek sampai rata dan halus.

Sebelumnya di undercover media promosi, Anda sudah menyiapkan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kangkung, kol, irisan timun, kubis, dan lain-lain dalam keadaan sudah direbus terlebih dahulu. Tata sayuran di atas piring saji, kemudian siram dengan bumbu yang sudah siap. Taburkan kerupuk udang, bisa juga dengan taburan ebi atau bawang merah untuk mempercantik tampilan. Setelah itu, rujak pecel siap disajikan dan dinikmati bersama dengan gorengan, ikan asin, dan juga kelontong. Apa saja yang penting Anda suka, pasti tepat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *